• Jelajahi

    Copyright © UNGARAN NOW
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Rapat Koordinasi Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi 2022 Kabupaten Semarang.

    Reporter: Arie Budi
    Senin, 19 September 2022, September 19, 2022 WIB Last Updated 2022-09-19T15:22:12Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


     UNGARAN NOW - Rapat Koordinasi Pendataan Awal Registrasi  Sosial Ekonomi 2022.


    Mencatat Untuk Membangun Negeri Satu Data Program Perlindungan Sosial Pemberdayaan Masyarakat. Yang dilaksanakan di Abimantra Ballroom, The Wujil Resort & Conventions Ungaran Kabupaten Semarang, Senin (19/9/2022).


    Pendataan Registrasi Sosial Ekonomi(Regsosek) adalah Pengumpulan data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan.


    Data kondisi ekonomi seluruh penduduk akan membantu pelaksanaan program pemerintah sehingga berjalan efektif.


    Dengan ruang lingkup seluruh penduduk pada 514 Kabupaten/Kota dengan menggunakan pendekatan keluarga.


    Adapun informasi yang dikumpulkan diantaranya : kondisi sosioekonomi demografis, kondisi perumahan dan sanutasi air bersih, kepemilikan aset, kondisi kerentanan kelompok penduduk khusus, informasi geospasial, tingkat kesejahteraan dan informasi sosial ekonomi lainnya.



    Rakor dibuka oleh Bupati H Ngesti Nugraha ditandai dengan pemukulan gong. Hadir pada acara itu perwakilan Forkompimda, pimpinan OPD, para Camat dan tokoh masyarakat.


    Bupati Semarang H Ngesti Nugraha mengatakan bahwa pagi ini acara sangat luar biasa dan BPS Kabupaten Semarang bahwa dengan program Regsosek Registrasi sosial ekonomi Tahun 2022 ini ada pendataan ulang atau sinkronisasi data, penerima manfaat program dari Kementerian terkait dari Kementerian Sosial Kementerian, tenaga kerja dari pemerintah daerah provinsi maupun kabupaten.


    " Dan 1 data ini yang sangat kita harapkan kami tunggu-tunggu dan kami atas nama  pemerintah daerah sangat terima kasih dengan BPS Kabupaten Semarang yang juga sinkronisasi dengan pemerintah daerah dan Pemerintah desa kelurahan," kata Bupati Semarang saat di temui Harian7.com.


    " Harapannya dengan Ada 1 data ini Bahwa bantuan bantuan program program dari pemerintah pusat pemerintah daerah ini bisa tepat sasaran betul dinikmati masyarakat yang membutuhkan jangan sampai yang tadinya itu kurang mampu naik kelas menjadi mampu masih mendapatkan bantuan juga, " pungkas Bupati Semarang H Ngesti Nugraha.


    Kepala BPS Kabupaten Semarang Sri Wiyadi mengatakan Pendataan akan dilakukan selama sebulan mulai 15 Oktober mendatang. “Mereka akan melakukan pendataan kondisi sosial ekonomi warga secara door to door. Sebelumnya akan dilakukan pelatihan untuk mereka,” kata Kepala BPS Kab.Semarang.


    Dijelaskan pula, Regsosek bertujuan membangun sistem basis data kependudukan terpadu. Sistem itu akan memuat informasi profil dan kondisi sosial ekonomi penduduk. Data yang ditampilkan bersifat terpadu yang terkoneksi dengan basis data lain seperti catatan sipil, kesehatan, tenaga kerja dan kondisi demografi lainnya memanfaatkan nomor induk kependudukan (NIK).


    Nantinya, basis data itu akan dapat menyelesaikan persoalan tumpang tindih data sektoral yang selama ini menjadi polemik di masyarakat. Terutama yang terkait dengan data penerima bantuan dan jaminan sosial.

    Pelatihan petugas pendataan akan dilaksanakan mulai 25 September – 13 Oktober 2022 secara bergelombang.


     “ Pelatihan dilakukan secara intensif dan akan terbagi sekitar sebelas kelas. Masing-masing kelas akan menjalani pelatihan selama dua hari agar dapat memahami konsep dan definisi pendataan dengan baik,” terangnya lagi.


    BPS juga menyiapkan 359 petugas pemeriksa guna menjamin mutu data yang diperoleh. Selain itu juga ada 38 petugas koordinator di tingkat kecamatan.


    Sri Wiyadi  menambahkan, pada Semester II tahun 2023 basis data terpadu bersifat progresif itu dapat terwujud," pungkasnya.(Arie B)



    Komentar

    Tampilkan

    Terkini